-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Fakta-Fakta Tentang Nono, Sosok Bocah Jenius Asal NTT Juarai Lomba Matematika Internasional Usai Kalahkan 7000 Peserta Dari Berbagai Negara. Wajib Viral..!

| Sabtu, Maret 04, 2023 WIB Last Updated 2023-03-03T17:48:19Z

 


 

Sosok Bocah Jenius Caesar Archangel Hendrik Meo Tnunay alias Nono (7) Siswa kelas dua sekolah dasar (SD) asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini sedang menjadi trending topik karena berhasil menyabet juara satu di kompetisi sempoa dunia. Tak hanya itu saja, Sang Juara Lomba Matematika Dunia juga mendapatkan banyak kekaguman lantaran menolak sejumlah hadiah seperti laptop dan mobil.  Berikut beberapa fakta menarik Nono, si bocah inspiratif asal Kupang:

Fakta pertama, Menjuarai kompetisi sempoa dunia dan kalahkan 7.000 peserta

 

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (31/1/2023), Nono merupakan siswa kelas II SD Inpres Buraen 2, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, yang berhasil menorehkan prestasi hingga tingkat dunia. Bocah kelahiran 2 April 2015 itu merupakan anak dari pasangan suami istri Raflim Meo Tnunai dan Nuryati Seran. Nono berhasil menjadi juara Dunia Abacus Brain Gym (ABG) setelah mengalahkan 7.000 peserta dari berbagai negara. Sedangkan untuk juara kedua dan ketiga dalam kompetisi tersebut diraih peserta dari Qatar dan Amerika Serikat.

 

Fakta kedua, Nono Berasal dari keluarga sederhana

 Masih dari sumber yang sama, Nono diketahui merupakan anak yang lahir dari latar belakang keluarga yang sangat sederhana. Sang ayah, Raflim Tnunai, bekerja sebagai tukang bangunan. Sedangkan ibunya, Nuryati Seran, bekerja sebagai guru kontrak di SD Inpres Buraen 2 sejak 2016. Bersama sang ayah, ibu, dan dua kakaknya, mereka tinggal di rumah sederhana dengan fasilitas belajar seadanya. Rumah mereka berjarak puluhan kilometer dari Kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT.

 

Fakta ketiga, Nono Mengidolakan Elon Musk

 

Nono mengaku sangat mengidolakan Elon Musk. Dia kerap melihat idolanya itu melalui tayangan di YouTube. Nono mengatakan bahwa ia ingin seperti idolanya itu. Ia ingin menciptakan mobil, pesawat, kereta, dan kapal untuk membantu masyarakat.

 

Fakta keempat, Nono Sudah aktif membaca sejak kecil

 

Masih dari sumber yang sama, Nuryati mengaku bahwa Nono sudah sangat aktif sejak kecil.  Kemudian, saat menginjak usia lima tahun dan bersekolah di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Belia, Nono bahkan sudah bisa membaca. Nono juga mengikuti kursus bahasa Inggris setiap minggu.

 

Fakta kelima, Menjadi tutor matematika teman-temannya.

 

Tak hanya pintar, Nono juga memiliki hati yang dermawan. Hal ini diketahui saat Kepala SD Inpres Buraen II Petrus Kase mengatakan bahwa Nono di sekolah juga menjadi tutor pelajaran matematika bagi teman-temannya di kelas. Petrus berharap, prestasi yang diraih Nono saat ini dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya di sekolah untuk lebih giat belajar

 

 

Fakta keenam, Nono Suka matematika sejak usia lima tahun

 

Nuryati Seran mengisahkan awal mula mengapa putranya bisa tertarik belajar ilmu matematika itu. Nuryati mengatakan bahwa Nono terinspirasi dengan sosok ahli fisika dan matematika, Yohanes Surya. Bahkan beberapa buku tulisan ahli matematika itu pun 'dilahapnya'. Awalnya, Nono mengambil buku kelas III. Pada bagian sampul buku tersebut, Nono menemukan gambar Yohanes Surya. Melihat anaknya membaca buku itu, Nuryati lalu memberitahukan kalau Yohanes adalah pengajar ilmu matematika dan fisika yang andal. Sejak saat itu, Nono langsung menunjukkan ketertarikannya dalam membaca buku-buku yang berisi materi matematika.

 

Fakat ketujuh, Nono Tolak hadiah laptop hingga mobil Nono

Diketahui juga sempat menolak beberapa hadiah yang diberikan kepadanya mulai dari laptop hingga mobil. Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (28/1/2023), ibu kandung Nono, Nuryati Seran menjelaskan bahwa Nono menolak pemberian oto (mobil) dari sebuah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk Nono. Mereka juga sempat mengunjungi kantor pusat ATPM tersebut dan diterima oleh pimpinan perusahaan.


Menurut Nuryati, Nono sempat diminta memilih mobil sebagai hadiah, namun putranya menolak. Karena menolak hadiah mobil, Nono pun diberi bonus oleh ATPM untuk menginap di hotel selama tiga hari dan berjalan-jalan keliling Jakarta.


Nuryati dan putranya sempat mengunjungi beberapa tempat, salah satunya Monas. Sebelumnya, sang ibu juga mengungkapkan bahwa Nono sempat menolak hadiah laptop dari Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim. Nono memilih mendapatkan beasiswa daripada menerima laptop dari sang menteri. "Iya, Nono pilih beasiswa dan bola dari Pak Menteri.

Demikianlah beberapa fakta tentang nono dikutip dari Kompas. Com (31/1/2022). SELANGKAPNYA SIMAK DI VIDEO-VIDEO BERIKUT INI:












Iklan

×
Berita Terbaru Update