-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pejuang Skripsi Wajib Tahu, Begini Tips Mencari Referensi

| Rabu, Februari 08, 2023 WIB Last Updated 2023-02-08T11:15:06Z
Ilustrasi (idntimes.com)

Pejuang skripsi wajib tahu cara atau tips untuk mencari referensi. Bagi Anda yang saat ini sedang berjuang menyelesaikan tulisan akhir atau skripsi dan sedang bingung mendapatkan buku sumber, maka Anda berada pada blog yang tepat.


Felikshatamid.com mencoba membantu memberi solusi dan/atau menawarkan solusi kepada Anda yang sedang bingung mencari referensi. 


Tentu banyak tips yang dilakukan, dan cara yang ditawarkan di sini adalah berdasarkan pengalaman penulis dalam menyelesaikan skripsi dan tulisan lainnya.

 

Dari Buku Utama

Bahwasannya, setiap tema atau judul yang diangkat tentu mempunyai buku atau jurnal sebagai sumber utama minimal 2 atau 3 buku atau jurnal. Sehingga hal pertama yang dilakukan oleh pejuang skripsi adalah menemukan buku/jurnal utama sesuai judul skripsi.


Bahkan, bagi sebagian orang, sebelum menentukan judul terlebih dahulu mengumpulkan dan membaca buku sesuai minat kajian.


Langkah ini terbilang cukup efektif dan sangat membantu. Sehingga setelah judul diterima, penulis tidak mengalami kesulitan dalam mencari buku.

 

Lihat Daftar Pustaka

Nah, setelah Anda mendapatkan buku sumber utama atau buku  dan/atau artikel jurnal yang sesuai dengan target Anda dan/atau sesuai dengan tema yang sedang Anda tulis, maka untuk mendapatkan sumber atau ingin menambahkan referensi adalah Anda melihat judul buku atau judul artikel yang terdaftar di daftar pustaka oleh penulis tersebut.


Misalnya. Anda menulis tentang kontribusi manajemen sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai.


Buku sumber yang Anda gunakan adalah buku manajemen sumber daya manusia, kinerja, indikator kinerja, dan jurnal-jurnal terbaru yang membahas manajemen sumber daya manusia dan kinerja.




Setelah Anda mendapatkan salah satu buku atau jurnal, untuk mendapatkan buku atau jurnal lainya, Anda mencari buku atau jurnal yang digunakan oleh penulis tersebut, begitu seterusnya. 


Demikianlah tips sederhana untuk mencari referensi. Semoga dapat membantu  pejuang skripsi dimanapun Anda berada. Teriring doa, felikshatamid.com mengucapkan semoga Anda dan Kita semua selalu sehat dan sukses. Amin


@Feliks Hatam


YUK, Simak artikel menarik lainya di GOOGLE NEWS

Iklan

×
Berita Terbaru Update