-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Filasafat Administrasi: Substansi Administrasi sebagai administrasi, dan Administrasi sebagai Manajemen

| Sabtu, Desember 10, 2022 WIB Last Updated 2022-12-10T12:33:41Z
(Filsafat Administrasi: Nilai Dasar yang Menjadi Motivasi dan 
Energi Ilmu Administrasi-Besumber dari:Faried Ali)

FELIKSHATAMID.com-Berikut FelikshatamID, menjelaskan secara singkat  substansi dari administrasi sebagai administrasi, dan   administrasi  sebagai manajemen

Pertama: Substansi dari administrasi sebagai administrasi. Bahwasannya esensi administrasi adalah keteraturan, pengaturan dan organisasi. Substansi administrasi sebagai administrasi adalah terletak pada pengembangan prinsip-prinsip universal, seperti kesatuan komando, kesatuan koordinasi, kesatuan gerak, kesatuan fungsi, pembagian kerja, sistem kerja dan kesatuan kerjasama.

Semua fungsi kemandirian administrasi ini bertujuan untuk mencapai keteraturan secara efisien dari sisi rasional maupun ekonomis. Substansi administrasi sebagai administrasi melaksanakan fungsi kajian ilmu administrasi untuk mengkaji planning, organizing, staffing, directing, controlling (pengawasan), coordinating, reporting dan budgeting, atau diakronim POSDCORB.

Dengan substansi administrasi adalah melaksanakan fungsi administrasi sebagai ilmu untuk menciptakan keteraturan yang diinginkan atau yang dikehendaki, dengan  mengamanatkan prinsip-prinsip pengaturan dokumentasi dan keteraturan tertulis.

Kedua: Substansi administrasi sebagai manajemen. Adalah  manajemen melaksanakan fungsi-fungsi administrasi, atau manajemen adalah mengimplementasi fungsional dan prinsip mandiri administrasi. Sebab seluruh kegiatan administrasi adalah ilmu. Ilmu tentang keteraturan, pengaturan, dan kebenaran ilmiah. Sehingga substansi administrasi sebagai manajemen adalah melaksanakan keteraturan untuk mengendalikan organisasi. Manajemen melaksanakan fungsional administrasi dalam hal planning, organizing, staffing, directing ,  controlling (pengawasan), coordinating , reporting dan budgeting, atau diakronim POSDCORB.

Dari uraian di atas, bahwa administrasi sebagai administrasi, dan administrasi  sebagai manajemen adalah secara substansi dua hal memiliki perbedaan fungsi, namun satu kesatuan dalam menghasilkan sistem kerjasama, kesatuan gerak, kesatuan sistem kerja, dan sebagainya dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.  Dengan penjelasan lain bahwa manajemen melaksanakan semua fungsi kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan dengan berpedoman pada sejumlah keteraturan yang telah ditetapkan pada tingkat administrasi. Sehingga manajemen merupakan aspek administrasi, dan administrasi lebih luas dari manajemen.(by: Feliks Hatam)


Iklan

×
Berita Terbaru Update